Bersyukur…

syukur

“Kumaha brur? Damang?” > “Alhamdulillah”

Ucapan “alhamdulillah” sebenarnya lebih dari sekedar budaya ungkapan rasa syukur secara lisan. Karena pada hakikatnya rasa syukur terwujudkan bukan pada lisan melainkan terejawantahkan dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam pola pikir-pola sikap-pola tindak kita..

“Alhamdulillahi robbil ‘alamin” ya, “All praises to Alloh, Robb of the universe”, “segala puji hanya bagi Alloh, Robb semesta alam”..

Bila kita memaknai “Robb” dengan benar maka DIA dalam Qur’an mendefinisikan “Robb” sebagai :

1) Sang Pencipta (QS 2:21, 9:1-5) dan Sang Pemberi Rizki (10:31-32)

2) Sang Pengatur/Pembuat Hukum (7:54)

Maka dapat disimpulkan bahwa bersyukur yg sebenarnya adalah dengan mengimani Alloh sbg satu-satunya pencipta dan pemberi rizki sekaligus menjadikan DIA sebagai satu-satunya pengatur dan pembuat hukum dalam segala sisi kehidupan kita di dunia, karena Alloh adalah Robbul ‘alamin (Robb semesta alam:QS 1:2)

Kalau begitu apa buktinya Alloh adalah Robbul’alamin?

Al Qur’an! (QS 5:48-49) Ini adalah bukti sahih DIA adalah Sang Pengatur. karena tidak lain Qur’an berisi aturan, berisi perintah dan laranganNYA untuk menguji manusia,apakah benar manusia menjadikan DIA sbg satu-satunya Robb? (QS 29:2-3, 76:2)

Lalu bagaimana ‘membumikan’ & ‘mewujudkan’ kalimat hamdalah tersebut dalam kehidupan kita? Apa langkah konkrit dari ucapan “Alhamdulillahi robbil ‘alamin”?

Jadikanlah Qur’an sbg satu-satunya standar kebenaran, alat pengatur dan sumber hukum tertinggi dalam hidup kita. Itu yang dinamakan bersyukur..Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Alloh turunkan dan janganlah kamu mengikuti  hawa nafsu  mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu ….

QS 5:48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s