Doa Pembuka dan Penutup : Acara Seminar

Awal bulan April ini saya terlibat sebagai panitia dalam suatu seminar kefarmasian yang diselenggarakan oleh pengurus daerah HISFARSI Jawa Barat selama dua hari. Saat hari-H saya terlibat sebagai pembaca doa pembuka dan penutup acara, operator laptop, dan salah satu fasilitator kelompok untuk kegiatan konseling sekaligus. Mantaaaaap! Dan sekedar share, berikut adalah redaksi doa pembuka dan penutup seminar tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat.. :)

PS : nuhun buat Ima Abwa Putri yang kemarin sudah bantu2 nyusun redaksinya.hehehe

Doa Pembuka

Sebelum memulai acara ini marilah kita tundukkan kepala, hati, dan jiwa kita kepada Allah Sang Robb, Sang Malik, dan Ilah untuk memohon keridhoanNYA atas apa yang akan kita lakukan di sini.

***

A’udzubillahi minasysyaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu

Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru

Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin

 

Allahumma Ya Allah Ya Tuhan kami..

Dengan mengucapkan ouji dan syukur kehadirat-MU, atas segala rahmat dan karunia-MU yang telah ENGKAU limpahkan kepada kami, kepada para pemimpin kami, kepada masyarakat dan negara kami.

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim..

Jadikanlah acara seminar HISFARSI ini sebagai majelis ilmu yang bermanfaat, yang membuahkan hasil bermanfaat bagi kesehatan dan keselamatan masyarakat dan negara kami.

Ya Allah Ya Rabbana..

Acara ini ditujukan tidaklain hanya untuk emmperoleh ridho-MU semata, untuk itu berilah petunjuk dan bimbingan kepada kami agar kami dapat menjalankannya dengan baik, demi kesehatan dan keselamatan masyarakat kami di masa yang akan datang.

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim, Ya Tawwaf..

Jadikanlah kami semua yang hadir di sini, apoteker yang memiliki sifat amanah. Jika kami pemimpin jadikanlah pemimpin yang amanah, jika kami rakyat biasa jadikanlahrakyat yang amanah, karena kami yakin dengan amanah akan mendatangkan ridho-MU.

Ya Allah, hanya kepada-MU kami melakukan pengabdian dan hanya kepada-MU kami memohon pertolongan. ANugrahkanlah kepada kami tekad, kekuatan, keikhlasan, lindungan, dan bimbingan untuk menjalankan amanah sebagai apoteker yang bekerja dan berkarya demi pengabdian pada-MU semata.

Iyyaka na’ budu waiyyaka nasta’in

Rabbana taqabbalminna innaka antassami’ul alim, watub ‘alaina innaka antattauwaburrahim.

Amin Ya Allah Ya Rabbal ‘alamin

 

Doa Penutup
Audzubillahiminasy syaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu

Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru

Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin

Allahumma Ya Allah, Ya Tuhan kami..

Dengan mengucapkan puji serta syukur kehadirat-MU atas segala rahmat karunia-MU yang telah ENGKAU limpahkan kepada kami, pada hari ini dengan penuh keakraban dan bahagia ini kami hadir di sini kiranya ENGKAU memberikan barokah dan ridho-MU dalam acara yang kami laksanakan ini.

Ya Allah Ya Tuhan kami..

Seminar dan workshop ini sangat besar sekali arti dan maknanya bagi kami, terutama menjalin hubungan selaturahim antar keluarga IAI-HISFARSI sekaligus meningkatkan kompetensi kami di bidang ini, untuk itu ya Allah, tanamkan sifat rahman dan rahim-MU kepada kami sekalian sehingga dapat berkiprah dalam pembangunan kesehatan.

Allahumma Ya Allah, Ya Tuhan kami..

Dengan telah berakhirnya kegiatan ini kiranya Ya Allah, ENGKAU dapat melimpahkan pengetahuan dan kekuatan kepada kami semua dan ENGKAU tumbuhkan rasa persaudaraan, persatuan yang kokoh di antara kami terjalin dengan baik dan utuh.

Ya Allah Tuhan kami, ENGKAUlah Sang Maha Pengampun..

Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa pemimpin kami serta dosa dan kesalahan kedua orang tua kami. Perkenankanlah doa dan pinta kami ini.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar

Alhamdulillahrabbil alamin.

About these ads

2 thoughts on “Doa Pembuka dan Penutup : Acara Seminar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s